Sejarah Sepeda Motor

by tarzanskota

Sejarah Sepeda Motor. Selalu menarik jika kita mengetahui sejarah tentang sesuatu. Tak terkecuali bagaimana sepeda motor tercipta pada awal – awalnya, siapakah penemu sepeda motor dan perkembangan – perkembangan fitur apa saja yang ditambahkan hingga sampai saat ini. Berikut ulasan “Sejarah Sepeda Motor”.

Patutnya kita bangga dengan orang jerman, karena di negara ini kendaraan bermotor : mobil dan sepeda motor tercipta. 2 Jenius Gottlieb Daimler dan mitranya Willhelm Maybach yang kali pertama menciptakan sepeda motor. Keduanya dikenal sebagai pakar mesin empat langkah.

Mungkin kamu tidak akan mengira jika sepeda motor pertama didunia adalah sepeda kayu yang terpasang mesin sedemikian rupa. Ya inilah ide gila dari kedua pakar di atas. Atas temuan ini, menjadi cikal bakal lahirnya sepeda motor seperti yang kita lihat saat ini.

Tepatnya pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.

Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.

Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.

Sejarah Sepeda Motor

Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).
Demikian review singkat seputar sejarah sepeda motor semoga bermanfaat.

Fakta Unik Sejarah Sepeda Motor